Nama sekolah : Sma 1 tahunan jepara
Mata pelajaran : Matematika kls XI
Semester : 1
Rencana pelaksanaan
pembelajaran
Standart kompetensi :
Memecahkan masalah
berkaitan dengan irisan krucut dengan bentuk parabola , elips , hiper bola.
Kompetensi dasar :
Menggunakan aturan
seuai dengan rumus dalam parabola , elips , hiper bola .
Menentukan penghitungan
dengan melibatkan persamaan unsur dalam parabola elips , hiper bola
Indikator :
1.
Menentukan sifat
fokus pada irisan krucut , sifat fokus dan garis direktriks pada elips para
bola dan hiperbola .
2.
Menentukan titik
focus dan garis direktriks
3.
Memberikan
contoh persamaan garis singgung pada parabola eleps ,hiperbola
4.
Dapat memerlukan
garis adil dalam persamaan ( parabola , elips , hiperbola ) dan persamaan garis
singgung .
Alokasi waktu : dua jam
pelajaran ( satu pertemuan )
Tujuan pembelajaran :
1.
Menganalisis
data terkait unsur pada parabola elips hjiper bola dan mengidentifikasinya
2.
Menggelola data
dan menganalisis model matematika dengan melakukan menipulasi aljabar untuk
menyeleseikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan parabola , elips
dan hiper bola
3.
Menyaksikan
obyek nyata sebagai gambaran model parabola , elips , hiper bola dan merancang
masalah serta menyelesaikan dengan menerapkan konsep dan sifat irisan krucut
yang telah dibuktikan kebenarannya.
● Materi ajar
Mengetahui bentuk /
gambar pada hiperbola elips hiper bola
● Model pembelajaran
Ceramah , pemberian
tugas
● Langkah – langkah
kegiatan
- menyampaikan tujuan
pembelajaran
- memotifasi peserta
didik dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya pembelajaran ini
● Kegiatan inti
Exsplorasi
1.
Peserta didik
dapat mengerjakan berbagai tugas
2.
Melibatkan
peserta didik untuk mencari dan permasalahan pembelajaran bentuk hiperbola ,
elips , parabola
3.
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran media pembelajaran dan sumber belajar
4.
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalamsetiap pembelajaran
Elaborasi
1.
Peserta didik
mengerjakan soal dari setiap latihan kompetensi
2.
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas diskusi dan lainnya
3.
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
4.
memfasilitasi
peserta didik dalam kompetisi yang secara sehat dan meningkatkan prestasi
5.
memfasilitasi
pesert didik untuk mensajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Komfirmasi
1.
memberikan umpan
baik positif dari penguatan dalam bentuk lisan,tulisan maupun hadiah terhadap
peserta didik
2.
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telahdilakukan
3.
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator
4.
membantu
menyelesaikan tugas
5.
memberi acuan
agar peserta didik dapatb melakukan pengecekan dalam belajar
6.
memberikan
motifasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipaasi aktif
● Penutup
- selah satu dari
peserta didik menyimpulkan materi yang telah di ajarkan
-salah satu dari
peserta didik menjawab soal pilihan ganda telah disediakan
●Alat dan sumber
belajar
-buku paket . yaitubuku
matematika SMA kelas XI,karangan SUKINO . hal 78-157
●Alat bantu
-Laptop
-Alat peraga
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tertulis
|
Tes ursian
|
Jepara
13 ,Disember 2014
Mengetahui
Kepala
sekolah Guru
mapel matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar